Untuk siapakah diskon???

 Photo and caption by Haley Campbell A hazy morning at the floating market in Banjarmasin, Borneo, Indonesia.

Pernahkah kita berjalan-jalan ke mall atau tempat perbelanjaan, dimana di situ ada spanduk, brosur atau sebagainya yang bertuliskan diskon. Tak jarang di waktu-waktu khusus seperti menjelang lebaran, atau hari raya tertentu, mal pasti memberikan diskon mulai dari 30%, 40% bahkan lebih. Diskon di berikan untuk barang barang keperluan pokok, atau keperluan lainnya. Diskon adalah potongan harga yang di berikan penjual kepada pembeli di karenakan pembeli membeli dengan jumlah tertentu, semakin banyak pembeli membeli suatu barang maka diskonnya akan semakin besar.

Yang melandasi seorang manajemen untuk melakukan strategi diskon, diantaranya bisa karena banyaknya persediaan di gudang yang apabila tidak terjual maka barang tersebut akan usang dan rusak dimakan waktu, selain itu juga bisa di karenakan adanya barang baru yang masuk gudang. Manajemen mengambil langkah untuk melakukan diskon dengan pertimbangan laba yang akan di perolehnya. Dari pada tidak terjual dan rusak, lebih baik terjual dengan harga murah.

Untuk siapakah diskon yang di berikan manajemen, siapa yang menerima manfaat dari diskon yang dilakukan oleh manajemen. jika di teliti lebih lanjut, pihak yang di berikan manfaat dari diskon adalah orang yang banyak uangnya (orang kaya). Orang yang memiliki banyak uang akan membeli dalam jumlah atau partai besar sehingga terjadi pemotongan harga, sedangkan orang yang memiliki sedikit uang akan membeli dengan jumlah sedikit dan karena jumlah pembeliannya sedikit maka tidak kena potongan harga. Jika di hitung-hitung harga per unitnya (total harga barang : jumlah barang) orang kaya akan mendapatkan harga yang semakin mengecil dari harga normal dikarenakan adanya potongan harga, sedangkan orang yang membeli dengan jumlah kecil akan mendapatkan harga normal.

Jadi apakah ini adil di dalam penjualan di mana pihak yang memilliki banyak uang lebih di untungkan oleh metode diskon ini. Mungkin keadilan tidak terlalu di perhatikan oleh manajemen jika yang di cari adalah selembar rupiah. Kedilan bisa terjadi apabila manajemen menempatkan strategi diskon untuk di berikan kepada orang yang kurang mampu untuk membeli barang. Pemberian diskon kepada orang yang kurang mampu akan memberikan keadilan kepada mereka bahwa mereka juga berhak atas konsumsi barang,bukan hanya untuk di konsumsi oleh orang yang banyak uang saja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pencuri

Pengejaran

Banyak Orang Pintar Tapi Kurang Orang Jujur